Kepemimpinan; Manajemen; Organisasi

Bagi yang bergelut di tiga bidang berkaitan ini akan mengetahui bahwa terdapat banyak definisi mengenainya. Tiap ahli memiliki pendapat sendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001:874), kepemimpinan secara sederhana disebutkan sebagai kata benda yang artinya “perihal pemimpin” atau “cara memimpin”.

Sementara manajemen merupakan “penggunaan sumber daya manusia secara efektif untuk mencapai sasaran” atau “pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi” (2001:708). Sedangkan organisasi adalah “kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dalam perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu” atau “kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.” (2001:803).

Tentu saja semua itu merupakan “definisi kamus”. Para ahli bisa memiliki definisi yang berbeda dan malah lebih detail. Namun, untuk mudahnya, menurut saya pemimpin adalah pribadi atau individu yang diserahi tugas untuk memimpin sekelompok orang dengan tujuan atau kepentingan yang sama. Manajemen adalah acara pemimpin mengatur yang dipimpinnya. Sementara organisasi adalah kumpulan orang-orang yang bersatu untuk tujuan atau kepentingan tertentu di bawah arahan pemimpin.

Sementara dalam implementasi, terdapat sejumlah teori dari para ahli. Teori ini berpadu dengan studi kasus nyata dari dunia industry. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tulisan-tulisan berikut:

  • Pemimpin, Dilahirkan atau Dibentuk?

 

Rujukan Sumber Pustaka: Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia (ed.3). Jakarta: Balai Pustaka: 2001.

Comments are closed.